KURIKULUM TK KELAS A KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK

KOGNITIF
KOMPETENSI DASAR
Anak mampu mengenal berbagai konsep sederhana dalam kehidupan seharu-hari
HASIL BELAJAR
Anak dapat mengenal benda disekitarnya menurut bentuk jenis dan ukuran
Anak dapat mengenal konsep-konsep sains sederhana
Anak dapat mengenal bilangan
Anak dapat mengenal bentuk geometrik
Anak dapat memecahkan masalah sederhana
Anak dapat mengenal ukuran
Anak dapat mengenal konsep waktu
Anak dapat mengenal konsep-konsep matematika sederhana

INDIKATOR
Mengelompokan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak.misalnya: menurut warna bentuk ukuran,jenis dll
Menunjuk sebanyak-banyaknya benda,hewan,tanaman,yang mempunyai warna,bentuk atau ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu
Mengenal kasar halus,berat ringan, panjang pendek,jauh dekat,banyak sedikit,sama tidak sama
Mencari lokasi tempat asala suara
Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya
Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur,proses pertumbuhan tanaman(biji-bijian,umbi-umbian,batang-batangan),balon di tiup lalu dilepas,benda-benda dimasukan ke dalam air(terapung,melayang,tenggelam) benda-benda yang dijatuhkan(grafitasi) percobaan dengan magnet,mengamati dengan kaca pembesar,mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa bau dan suara
Membilang atau menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 10
Membilang dengan menunjuk benda(mengenal konsep bilangan dengan benda-benda)sampai 5
Menunjukan urutan benda untuk bilangan sampai 5
Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 5(anak tidak disuruh menulis)
Menunjukan 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya,yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit
Menyebutkan kembali benda-benda yang dilihatnya
Menyebut dan menunjuk bentuk-bentuk geometrik
Mengelompokan bentuk-bentuk geometrik(lingkaran,segitiga,segiempat)
Menyebutkan dan menunjuk kan benda-benda yang berbentuk geometrik
Mengerjakan “maze”(mencari jejak) yang sederhana
Menyusun kepingan puzzel menjadi bentuk utuh(4-6 keping)
Mengukur panjang dengan langkah dan jengkal
Menimbang benda dengan timbangan buatatan
Mengisi wadah dengan air,pasir,biji-bijian beras dll
Menyatakan dan membedakan waktu(pagi,siang malam)
Mengetahui nama-nama hari dalam satu minggu bulan,dan tahun
Menyebutkan hasil penambahan(menggabungkan dua kumpulan benda)dan pengurangan(memisahkan kumpulan benda dengan benda sampai 5
Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk zola yang berurutan,misal merah,putih merah,putih,merah

PSIKOMOTORIK
KOMPETENSI DASAR
Anak mampu melakukan aktivitas fisik,secara koordinasi dalam rangka kelenturan, keseimbangan,dan kelincahan
HASIL BELAJAR
Dapat menggerakkan jari tangan untuk melenturkan otot dan koordinasi
Dapat menggerakkan lengannya untuk kelenturan otot dan koordinasi
Dapat menggerakkan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan dan koordinasi
INDIKATOR

Mengurus dirinya sendiri dengan dedikit bantuan misalnya:makan,mandi,menyisir rambut mencuci dan melap tangan mengikat tali sepatu
Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin,playdough/tanah liat
Menciplak dan meniru membuat garis tegak,datar,miring,lengkung dan lingkaran
Meniru melipat kertas sederhana(1-6 lipatan)
Menjahit jelujur 10 lubang dengan tali sepatu
Menggunting bebas
Merobek bebas
Menyusun menara dari kubus minimal 8 kubus
Membuat lingkaran dan segi empat
Memegang pensil(belum sempurna)
Menangkap dan melempar bola dari jarak kira-kira 1-2 meter
Memantulkan bola besar(diam ditempat)
Memantulkan bola besar sambil berjalan/bergerak
Melambungkan dan menagkap kantong biji
Berjalan maju pada garis lurus,berjalan di atas papan tulis,berjalan berjinjit
Berjalan mudur dan kesamping pada garis lurus sejauh 1-2 meter
Meloncat dari ketinggian10-30 cm
Memanjat dan bergantung
Berdiri di atas satu kaki selam 10 detik
Berlari sampai melompat
Menendang bola dengan terarah
Merayap dan merangkak lurus ke depan
Bermain dengan simpai(bebas melompat dalam simpai, merangkak dalam terowongan dari simpai dll
Menirukan berbagai gerakan binatang/hewan
Menirukan gerakan tanaman yang terkena angin(sepoi-sepoi dan anginkencang)
Naik sepeda roda dua(belum seimbang)


Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar
Berbahasa


KOMPETENSI DASAR
Anak mampu mendengarkan ,berkomunikasi secara lisan memiliki pembendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol yang dapat mendengarkan dan membedakan bunyi suara bunyi bahasa dan mengucapkannya melambangkannya
HASIL BLAJAR
Dapat mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana
Dapat berkomunikasi/ berbicara secara lisan
Memperkaya kosa kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari meliputi kata benda,kata kerja,kata sifat,kata keterangan waktu
Dapat mengenal bentuk-bentuk simbol sederhana(pra menulis)
Dapat menceritakan gambar(pra membaca)
Mengenal bahwa ada hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan (pra membaca)

INDIKATOR
Menyebutkan berbagai bunyi/suara tertentu
Menyebutkan kembali 3-4 kata
Menyebutkan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama misal kaki kaki atau suku kata akhir yang sama misalnya nama sama dll
Melakukan 2-3 perintah secara sederhana
Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana
Menyebutkan nama diri,nama orang tua, jenis kelamin,alamat rumah secara sederhana
Menceritakan pengalaman /kejadian secara sederhana
Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana
Bercerita menggunakan kata ganti aku,saya
Menunjukan gerakan-gerakan misalnya:duduk,jongkok,berlari,makan,melompat menangis,senang.sedih, dll
Menyebutkan waktu(pagi,siang,malam)
Membuat berbagai macan coretan
Membuat gambar dan coretan9tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang di buatnya
Bercerita tentang gambar yang di sediakan atau yang dibuat sendiri
Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri sederhana(2-4 gambar)
Menghubungkan gambar/benda dengan kata
Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana
Menceritakan isis buku walaupun tidak sama tulisan dengan yang di ungkapakan
Menmghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya

SENI
KOMPETENSI DASAR
Anak mampu mengekspresikan diri dengan menggunakan berbagai media/bahan dalam berkarya seni melalui kegiatan eksplorasi
HASIL BELAJAR
Dapat menggambar sederhana
Dapat mewarna sederhana
Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media
Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana
Dapat menyanyi dan memainkan alat musik sederhana
Dapat menampilkan sajak sederhana


INDIKATOR

Menggambar bebas dengan berbagai media {pensiwarna,krayon arang}
Menggambar bebas dan bentuk lingkaran dan segiempat
Menggambar orang dengan lengkap dan sederhana [belum proporsional]
Stempel atau mencetak dengan berbegai media (pelepah pisang,batang pepaya,karet busa,dll)
Mewarnai bentuk gambar sederhana
Mewarnai bentuk-bentuk geometrik dengan ukuran besar
Mencoret dengan manik-manik
Mencipta 2 bentuk bangunan dari balok
Mencipta 2 bentuk dari kepingan bentuk geometrik

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top