KURIKULUM TK KELAS A

Jenis-jenis penilaian terhadap anak didik:
1. Portofolio, yaitu penilaian berdasarkan kumpulan hasil kerja anak yang dapat menggambarkan sejauh mana keterampilan anak berkembang,
2. Unjuk kerja(performance), yaitu penilaian yang menuntut anak untuk melakukan tugas dalam perbuatan yang dapat diamati misalnya praktek menyanyi, olahraga, memperagakan sesuatu dan lain-lain.
3. Penugasan(Project), yaitu tugas yang harus dikerjakan yang memerlukan waktu yang relatif lama dalam pengerjaannya, misalnya percobaan penanaman biji.
4. Hasil Karya(Product) yaitu hasil kerja anak setelah melakukan suatu kegiatan

KELAS A
A. PENGEMBANGAN KEBIASAAN

Moral, Nilai-nilai agama, sosial, Emosional dan kemandirian

KOMPETENSI DASAR
Anak mampu
Mengucapkan bacaan doa/ lagu-lagu keagaman, meniru gerakan beribadah dan mengikuti aturan serta dapat mengendalikan emosi

HASIL BELAJAR
Dapat berdoa dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan secara sederhana.
Dapat mengenal bermacam ragam agama.
Mengenal ibadah secara sederhana menurut keyakinannya.
Mengenal dan menyayagi ciptaan tuhan
Memiliki sopan santun dan mengucap salam
Mulai tumbuh disiplin diri
Mulai dapat bersikap/berprilaku saling hormat menghormati
Bersikap ramah
Timbulnya sikap kerjasama dan persatuan
Mulai dapat menunjukan rsa percaya diri
Mulai menunjukan kepedulian
Dapat menjaga kebersihan diri dan mengurus dirinya sendiri
Dapat menjaga lingkungan
Mulai dapat mengendalikan emosi yang wajar dan mengendalikan tindakan dan perasaanya
Berlatih untuk selalu tertib dan patuh pada peraturan
Mulai dapat menjaga keamanan diri sendiri
Mulai dapat bertanggung jawab

INDIKATOR
Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan.
Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana
Menyebutkan tempat-tempat ibadah.
Menyebutkan hari-hari besar agama.
Meniru kegiatan pelaksanaan kegiatan ibadah secara sederhana.
Menyebutkan waktu beribadah.
Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan misalnya manusia,bumi,langit,tanaman,hewan.
Tidak menggangu teman yang sedang melakukan kegiatan/melaksanakan ibadah.
Meminta tolong dengan baik,mengucapkan salam
Selalu bersikap ramah.
Berterimakasih jika memperoleh sesuatu
Melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah.
Mengikuti aturan permainan.
Mau mengalah.
Mendengarkan orang tua/teman berbicara.
Berbahasa sopan dalam berbicara.
Tidak lekas marah atau membentak-bentak.
Mudah bergaul/berteman.
Dapat/suka menolong teman.
Saling membantu sesama teman.
Mamou mengerjakan tugas sendiri.
Menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya
Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
Mau membagi miliknya,misalnya makanan,mainan dll
Meminjamkan miliknya dengan senag hati
Membersihkan diri sendiri dengan bantuan misalnya:menggosok gigi,mandi,buang air,dll
Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan misalnya : berpakaian sendiri,makan sendiri dll
Mengembalikan mainan pada tempatnya setelah di gunakan
Membuang sampah pada tempatnya
Membantu membersihkan lingkungan
Mau berpisah dengan ibu tanpa menangis
Sabar menunggu giliran
Berhenti bermain pada waktunya
Dapat dibujuk tidal cenggeng
Mau menerima tugas
Mengerjakan tugas sampai selesai
Mengenal dan menghindari benda-benda berbahaya
Mengenal dan menghindari obat-obatan yang berbahaya
Melaksanakan tugas yang diberikan guru
Mengetahui bara ng milik sendiri dan milik orang lain

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top